Wednesday, March 6, 2013

SISTEM KOORDINAT MESIN BUBUT CNC TU-2A

Sistem koordinat pada mesin bubut CNC TU-2A, Materi teknik mesin, Mata Kuliah dan Praktikum CNC, Meliputi Sistem Koordinat Mesin dan Benda Kerja

Sistem Koordinat
  • Mesin
Sistem koordinat mesin mengacu pada titik yang terletak pada mesin yang letak titik tersebut dibuat atau ditetapkan oleh pembuat mesin tersebut. Sehingga mesin tersebut tidak bisa dipindahkan oleh pembuat program CNC. Mesin TU-2A ini  tidak mempunyai hardisk atau media penyimpan data didalam komputer mesin sehingga tidak bisa menyimpan memori maka oleh pembuat mesin ini ditetapkan bahwa titik nol adalah titik tempat kedudukan saat mode manual mulai diaktifkan sehingga setiap kita memulai mode manual selalu harga koordinat yang ditujukan mesin (0,0).
  • Benda Kerja
Letak titik nol biasanya direncanakan oleh pembuat program dan hal ini harus dicantumkan atau didefinisikan diawal program, tentu saja hal ini harus dikomunikasikan dengan operator, seandainya  pemograman  tidak sama dengan operator.
Selain kedua sistem kordinat diatas bentuk dan posisi pahat harus juga dikomunikasikan pada mesin supaya profil yang direncanakan sesuai dengan yang dihasilkan mesin.
Koordinat pada mesin CNC adalah koordinat ruang sehingga ada tiga sumbu x, y dan z tetapi pada mesin bubut  gerakan yang terjadi hanya dua sumbu saja. Sumbu x merupakan ukuran diameter benda kerja dan sumbu z merupakan arah longitudinal benda kerja. Sedangkan sumbu y tidak ada sebab tidak akan mengalami perubahan harga selama permesinan.
Sistem koordinat pada mesin bubut TU-2A, positif dan negatifnya dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar Sistem koordinat pada mesin bubut TU-2A
Sekian pembahasan materi kuliah teknik mesin tentang Sistem koordinat pada mesin bubut TU-2A semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. This is often a wonderful blog, could you be interested in working on an interview about just how you developed it? If so e-mail myself! cnc

    ReplyDelete